Gejala & Cara Mengobati Ulcer Ikan Koi Paling Ampuh!

Gejala & Cara Mengobati Ulcer Ikan Koi Paling Ampuh!

Koi adalah ikan hias sangat disukai oleh banyak orang, ikan ini bisa anda pelihara pada akuarium atau kolam ikan. Ikan hias koi ini berasal dari Jepang, tak heran jika keindahan warna corak pada tubuhnya terlihat unik. Warna tubuh pada ikan koi tersedia cukup beragam, ada yang berwarna merah, kuning, orange, atau silver.

Apakah Anda juga hobi memelihara ikan koi? Proses pemeliharaan ikan koi tidak akan terlepas dari permasalahan penyakit. Setiap ikan koi akan beresiko menderita Ulcer jika tidak dirawat dengan benar. Kebanyakan ikan koi yang saat ini sakit Ulcer disebabkan karena bakteri Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter yang tumbuh akibat air kolam kotor.

Lakukan Pencegahan Agar Terhindar dari Penyakit Ulcer

Meskipun memelihara ikan koi itu mudah, ternyata menjaga keindahan warna dan tubuhnya membutuhkan teknik khusus. Salah satu langkah yang bisa anda lakukan adalah menjaga kebersihan air kolam. Oleh karena itu tim kami akan membantu anda dalam melakukan pencegahan penyakit Ulcer pada ikan koi kesayangan anda. Pencegahan ini mencakup langkah-langkah berikut:

  • Jaga kebersihan kolam
  • Jangan menggunakan probiotik secara berlebihan
  • Jangan memasukan ikan baru tampa proses karantina

Melakukan pencegahan merupakan langkah utama yang bisa anda lakukan agar ia tidak bisa terserang penyakit Ulcer. Bakteri seperti Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter mudah tumbuh pada lingkungan air kolam yang kotor yang disebabkan karena feses, sisa makanan, atau justru mucus. Air kotor dapat menimbulkan berbagai macam parasit dan bakteri didalam kolam seperti halnya Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter.

Kenali Penyakit Ulcer Ikan Koi

Salah satu jenis penyakit yang cukup familiar menyerang tubuh indah pada koi adalah Ulcer. Ulcer merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya parasit seperti Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter. Jika ikan anda mungkin terserang penyakit ini, dengan memiliki ciri-ciri gejala sebagai berikut: pada tahap awal ulcer tampak hanya beberapa sisik berdarah kemudian berubah menjadi borok/luka, tahap selanjutnya luka semakin membesar sehingga tampak seperti luka dengan sekeliling tepi berdarah dan ditengahnya terlihat nanah, tubuh ikan semakin lama semakin kurus karena bakteri ini sifatnya menyerap nutrisi ikan, dalam beberapa kasus diikuti dengan pop eye. Jika benar ikan koi mengalami gejala tersebut langsung isolasi dirinya dari ikan lain dengan cara memindahkan nya pada bak air / kolam khusus.

Gejala Klinis Serangan Aeromonas, Pseudomonas dan Myobacter Menyebabkan Ulcer

Perhatikan dengan seksama Bagaimana kondisi ikan koi yang sedang anda miliki sekarang, apakah sudah mengalami gejala penyakit Ulcer atau belum? Gejala penyakit pada ikan koi ini akan terus bertambah hingga ia mengalami fase pada penyakit akut yang berimbas pada kematian. Berikut adalah beberapa ciri yang bisa anda ketahui Apakah ikan ini sedang berada pada gejala lanjut / akut agar dapat menyesuaikan dengan cara penanganannya yang tepat.

Gejala Lanjut:

  • luka borok yang cukup didalam
  • daya tahan tubuh jadi alami penurunan
  • mengeluarkan nanah

Gejala Akut:

Mengobati Penyakit Ulcer pada Ikan Koi

Lakukan pengobatan pada penyakit ikan koi sesuai dengan apa yang ia Derita. Penanganan paling utama yang harus anda lakukan pada ikan koi yang sakit Ulcer yaitu:

  • Mengisolasi yang sedang sakit dari ikan koi yang sedang sehat, hal ini bertujuan agar ikan koi dapat melakukan pemulihan dan ikan lainnya yang sehat tidak akan tertular penyakit sama.
  • Anda harus menjaga suhu temperatur air pada kolom yang digunakan oleh ikan koi sakit Ulcer.
  • Memberikan oksigen yang cukup pada ikan koi untuk memompa udara di dalam kolam.
  • Hindari memberi makan ikan koi yang banyak karena ikan yang sedang sakit justru Mengalami penurunan nafsu.
  • Memberi obat khusus untuk Ulcer.

Obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi penyakit Ulcer yang diderita ikan koi pada tahap awal adalah Perbaiki parameter air kolam dan ikan yang terjangkit ulcer dipindahkan ke bak karantina. Untuk ulcer ringan (masih tahap awal perendaman kedalam larutan garam 5 gram/L bisa menyembuhkan ulcer bisa anda berikan jika memang terbukti bahwa ikan koi ini berada pada gejala yang sudah lanjut. Tidak perlu khawatir apabila ikan koi Anda hingga berada pada tahap gejala akut, karena dapat diobati dengan memanfaatkan Untuk ulcer yang terlanjur parah dapat diberikan pengobatan oral 2 gr Oxytetracycline dicampur kedalam 1 kg pakan. Jika ikan sudah tidak mau makan maka antibiotik dapat diberikan melalui perendaman Oxytetracicline dengan takaran 20 gr untuk setiap 1000 liter air, atau antibiotic lainnya sesuai takaran yang dianjurkansampai sembuh.

Daftar Obat Alami Ulcer

  • Daun ketapang
  • Garam ikan dapat diberikan dikolam untuk mengikat nitrit
  • Daun sirsat

Jika anda merasa kesulitan dalam melakukan penanganan penyakit ikan koi Ulcer, kami juga bisa membantu anda! Jika anda merasa kesulitan dalam melakukan penanganan pengobatan pada penyakit Ulcer bisa langsung menghubungi kami atau bergabung pada grup komunitas yang telah kami buat untuk melakukan konsultasi dengan para ahlinya. Permasalahan seperti penyakit Ulcer dapat anda tangani segera dengan cara yang mudah.