Gejala & Cara Mengobati Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) Ikan Koi Paling Ampuh!

Gejala & Cara Mengobati Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) Ikan Koi Paling Ampuh!

Punya ikan koi di rumah dan takut terkena penyakit? Tak perlu khawatir karena disini kami akan membahas mengenai Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Ikan koi adalah salah satu ikan hias yang berasal dari Jepang. Ikan koi memiliki beragam warna, baik orange, putih, merah, kuning, silver dan masih banyak lagi.

Budidaya ikan koi tidak akan terlepas dari permasalahan penyakit. Jika tidak mengetahui teknik budidaya yang tepat maka ikan koi akan beresiko terserang penyakit seperti Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Alasan utama ikan koi terserang penyakit adalah kondisi lingkungan kolam ikan yang tidak bersih sehingga ada banyak parasit yang tumbuh di dalam kolam.

Lakukan Pencegahan Agar Terhindar dari Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)

Memelihara ikan koi adalah pekerjaan yang mudah, tapi anda harus mewaspadai langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan ikan koi sehingga keindahan warna dan corak yang ia miliki tidak akan pudar. Salah satu langkah yang bisa anda lakukan adalah menjaga kebersihan air kolam. Nah, dari pada anda khawatir ikan koi terserang penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) lakukan pencegahan dari awal. Langkah pencegahan tersebut bisa anda lakukan dengan cara:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jaga PH air diatas 6,5
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari

Melakukan pencegahan merupakan langkah utama yang bisa anda lakukan agar ia tidak bisa terserang penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Bakteri seperti Saprolegnia sp mudah tumbuh pada lingkungan air kolam yang kotor yang disebabkan karena feses, sisa makanan, atau justru mucus. Mucus sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya bagi kesehatan ikan koi jika jumlahnya terkontrol, tapi jika berlebih ia justru dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri Saprolegnia sp.

Kenali Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) Ikan Koi

Penyakit yang perlu Anda hindari supaya tidak dapat menyerang keindahan warna pada ikan koi adalah Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis). Salah satu penyebab terjadinya penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) adalah karena lingkungan air kolam yang kotor diakibatkan tumbuhnya bakteri Saprolegnia sp. Ikan koi yang sedang sakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) akan menandakan gejala pada tahap awal muncul bercak putih keabuan pada kulit berukuran kecil makin lama makin besar pada ekor dan jaringan lunak dan diujung sirip yang bersifat lokal (terlokalisir), tahap lanjut muncul muncul selaput putih seperti kapas pada kulit dan insang, ikan menjadi malas bergerak dan kurang respon terhadap ransangan. Segera karantina agar bakteri yang ia miliki tidak menular pada ikan koi lainnya!

Gejala Klinis Serangan Saprolegnia sp Menyebabkan Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)

Ikan koi yang sedang menderita Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) akan mengalami banyak gejala seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Gejala Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) akan terus berlanjut hingga pada posisi akut yang justru dapat berakibat kematian. Ketahui apa saja yang menjadi ciri-ciri penyakit koi pada gejala awal, lanjut, sampai akut.

Gejala Lanjut:

  • ikan sering menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam
  • sebelum mati ikan menunjukan gejala kehilangan keseimbangan yang berakibat kematian ikan karena masalah osmosis jika infeksi di insang berakibat kesulitan bernafas

Gejala Akut:

Mengobati Penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) pada Ikan Koi

Penting sekali bagi anda untuk mengetahui teknik atau cara pengobatan dari penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis), hal ini tentu saja tidak lain untuk membantu meringankan penyakit yang sedang diderita ikan kesayangan anda. Awal yang bisa anda lakukan dalam menangani penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) adalah dengan melakukan:

  • Langkah awal yaitu memisahkan ikan koi yang sedang sakit dari ikan yang sembuh, letakkan pada kolom yang berbeda.
  • Tempat dimana ikan koi yang sakit anda pindahkan, harus dijaga suhu temperatur kolam ikannya supaya tetap stabil.
  • Anda juga perlu memberikan oksigen cukup dengan melakukan pompa udara.
  • Jangan memberikan ikan koi makan yang banyak, karena ikan koi yang sakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) justru nafsu makannya berkurang.
  • Anda juga bisa memberikan obat untuk menangani penyakit.

Obat yang bisa Anda berikan untuk mengatasi penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) adalah Perendaman kedalam larutan 1 gram/100 liter air Kalium Permangatat (PK) selama 90 menit bagi ikan koi yang menderita pada gejala awal. Jika penyakit ikan koi ini semakin serius dan Ia membutuhkan pengobatan secara lanjut, kami menyarankan Anda memberikannya Perendaman kedalam 100-200 ppm Formalin selama 1-3 jam. Untuk penanganan lebih terhadap ikan koi yang sedang sakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) dapat anda berikan obat Perendaman kedalam 3-5 ppm Methylene Blue selama 24 jam.

Daftar Obat Alami Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis)

  • Bawang Putih
  • Daun Pace
  • Daun Jarak bali

Jika membaca artikel di atas anda merasa kesulitan untuk menangani penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) yang menyerang ikan koi. Silahkan bergabung pada grup komunitas ikan koi yang kami buat, disana ada banyak orang yang juga menyukai pemeliharaan ikan koi sehinga anda bisa langsung sharing dengan ahlinya. Permasalahan seperti penyakit Infeksi Jamur Saprolegnia (Saprolegniasis) dapat anda tangani segera dengan cara yang mudah.