Gejala & Cara Mengobati Aeromonas Hydrophila Ikan Koi Paling Ampuh!

Gejala & Cara Mengobati Aeromonas Hydrophila Ikan Koi Paling Ampuh!

Koi adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak disukai masyarakat untuk diletakkan pada kolam ataupun akuarium. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa ikan koi merupakan ikan hias yang berasal dari negara Sakura Jepang. Warna tubuh pada ikan koi tersedia cukup beragam, ada yang berwarna merah, kuning, orange, atau silver.

Tidak semua orang tahu bagaimana cara budidaya ikan koi yang benar agar dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit. Jika tidak mengetahui teknik budidaya yang tepat maka ikan koi akan beresiko terserang penyakit seperti Aeromonas Hydrophila. Ikan koi yang sedang sakit Aeromonas Hydrophila biasanya karena lingkungan yang tidak bersih sehingga tumbuh parasitAeromonas Hydrophila.

Lakukan Pencegahan Agar Terhindar dari Penyakit Aeromonas Hydrophila

Meskipun memelihara ikan koi itu mudah, ternyata menjaga keindahan warna dan tubuhnya membutuhkan teknik khusus. Karena jika pemeliharaannya tidak tepat warna ini justru dapat pudar. Salah satu langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyakit Aeromonas Hydrophila adalah dengan melakukan pencegahan awal. Pencegahan ini mencakup langkah-langkah berikut:

  • Jaga parameter air kolam stabil dan sehat sehingga ikan tidak stress
  • Jangan memasukan ikan baru tampa melalui proses karantina yang cukup (minimal 7 hari) karena infeksi ini memiliki masa laten 5 hari
  • Jika didapati ikan terinfeksi dengan ciri-ciri diatas segera pindahkan ke bak karantina untuk diobati, ikan yang masih sehat di kolam diberi pakan yang terbuat dairi 1 kg pelet yang dicampur dengan 3-5 gram Oxytetracycline

Melakukan pencegahan merupakan langkah utama yang bisa anda lakukan agar ia tidak bisa terserang penyakit Aeromonas Hydrophila. Karena penyakit Aeromonas Hydrophila tumbuh disebabkan karena bakteri Aeromonas Hydrophila, itu bisa datang dari feses, sisa makanan, atau bahkan mucus (lendir) yang dikeluarkan dari ikan sendiri. Air kotor dapat menimbulkan berbagai macam parasit dan bakteri didalam kolam seperti halnya Aeromonas Hydrophila.

Kenali Penyakit Aeromonas Hydrophila Ikan Koi

Salah satu jenis penyakit yang cukup familiar menyerang tubuh indah pada koi adalah Aeromonas Hydrophila. Penyakit Aeromonas Hydrophila yang diderita ikan koi disebabkan karena adanya Aeromonas Hydrophila. Ikan koi yang sedang sakit Aeromonas Hydrophila akan menandakan gejala gejala awal ikan akan sering berdiam dan malas bergerak walaupun masih memiliki nafsu makan yang baik., selanjutnya ikan berdiam didasar kolam dan kadang menyendiri memisahkan diri dari kawanannya, tubuh ikan memproduksi lendir (mucus) berlebihan sehingga warnanya cenderung kusam.. Anda bisa langsung melakukan isolasi pada ikan koi yang memang memiliki gejala tersebut.

Gejala Klinis Serangan Aeromonas Hydrophila Menyebabkan Aeromonas Hydrophila

Ikan koi yang sedang menderita penyakit Aeromonas Hydrophila tentu akan lebih banyak berdiam diri dan berada di dasar kolam. Jangan sampai ikan koi yang sedang sakit Aeromonas Hydrophila justru berada pada tahap akut sehingga lebih sulit untuk menyembuhkannya. Anda harus memahami gejala apa saja yang mungkin akan terjadi pada ikan koi sehingga dapat menanganinya dengan baik.

Gejala Lanjut:

  • ikan akan kehilangan nafsu makan
  • muncul warna merah disekitar lembar sirip dan pangkal sirip kadang disertai pembengkakan
  • terjadi pembengkakan pada perut bagian bawah

Gejala Akut:

  • kesulitan bernafas sehingga sering berdiam di bawah pancuran
  • pada kondisi ikan sering melakukan gerakan tidak terkontrol atau kejang-kejang
  • cacat permanen

Mengobati Penyakit Aeromonas Hydrophila pada Ikan Koi

Anda harus mengetahui langkah pengobatan penyakit ikan koi yang benar supaya Aeromonas Hydrophila tidak menjandi gejala akut hingga tidak bisa ditangani. Pertolongan pertama yang bisa anda lakukan pada ikan koi yang menderita Aeromonas Hydrophila adalah sebagai berikut.

  • Mengisolasi yang sedang sakit dari ikan koi yang sedang sehat, hal ini bertujuan agar ikan koi dapat melakukan pemulihan dan ikan lainnya yang sehat tidak akan tertular penyakit sama.
  • Tempat dimana ikan koi yang sakit anda pindahkan, harus dijaga suhu temperatur kolam ikannya supaya tetap stabil.
  • Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa ia mendapatkan asupan Oksigen yang cukup.
  • Hindari memberi makan ikan koi yang banyak karena ikan yang sedang sakit justru Mengalami penurunan nafsu.
  • Anda juga bisa memberikan penanganan obat tertentu Untuk meringankan penyakit yang ia derita.

Obat yang dapat anda berikan ketika ikan koi sakit Aeromonas Hydrophila pada gejala awal adalah Oral treatment dengan mencampurkan antibiotik kedalam pakan, ini hanya effektif pada ikan yang baru terinfeksi.. Perendaman kedalam air yang berisi antibiotik (untuk infeksi tahap lanjut) bisa anda berikan jika memang terbukti bahwa ikan koi ini berada pada gejala yang sudah lanjut. Jika semua pengobatan awal dan lanjut yang Anda berikan tidak memberikan efek samping positif pada kesehatan ikan koi, kami menyarankan anda untuk memberikan Injeksi antibiotik (untuk infeksi ikan yang sudah akut).

Daftar Obat Alami Aeromonas Hydrophila

  • Terramycin / Oxytetracycline
  • Sodium Sulfamerazine
  • Sodium Nifurstyrenate

Jika membaca artikel di atas anda merasa kesulitan untuk menangani penyakit Aeromonas Hydrophila yang menyerang ikan koi. Silakan bergabung dengan grup atau komunitas pecinta ikan koi yang sudah kami sediakan! Dalam grup tersebut ada puluhan orang yang juga menyukai hati pemeliharaan ikan koi sehingga mengetahui teknik yang tepat dalam penanganan penyakit yang ia derita. Anda juga dapat menghubungi kontak kami jika berniat untuk membeli ikan koi ukuran besar atau justru benihnya.